CAPAIAN PEMBELAJARAN UMUM DAN KHUSUS MODUL COACHING

 CAPAIAN PEMBELAJARAN UMUM 

DAN KHUSUS MODUL COACHING

2.3.a.2. Pendahuluan

Capaian Pembelajaran Umum

Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah: 

  1. mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang pendidik yang menerapkan pendekatan coaching.
  2. mampu menerapkan praktik komunikasi yang menggunakan keterampilan coaching dalam komunitas sekolahnya

Capaian Pembelajaran Khusus

Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan menjadi guru penggerak yang mampu:

  1. memahami konsep coaching secara umum, meliputi definisi, tujuan, dan jenis coaching serta perbedaannya dengan mentoring dan konseling.
  2. memahami konsep coaching dalam dunia pendidikan sebagai keterampilan pendekatan pendampingan dan berkomunikasi dengan murid.
  3. memahami hakikat komunikasi yang memberdayakan dan mampu menerapkannya dalam praktik coaching.
  4. memahami langkah-langkah mendengar aktif dan mampu menerapkannya dalam praktik coaching.
  5. memahami langkah-langkah bertanya efektif dan mampu menerapkannya dalam praktik coaching.
  6. memahami langkah-langkah memberi umpan balik positif dan mampu menerapkannya dalam praktik coaching.
  7. mengidentifikasi peran pendidik sebagai seorang coach di konteks sekolah.
  8. memahami pendekatan coaching sebagai pendampingan sistem among (Tut Wuri Handayani.)
  9. melakukan praktek coaching dengan menggunakan model TIRTA kepada sesama CGP, atau bersama salah seorang murid, dan atau satu rekan guru di sekolahnya.
  10. mengembangkan sikap terbuka, kritis, empati dan percaya diri dalam melakukan praktik coaching.

Alur Belajar MERRDEKA

Alur Belajar

Mulai dari diri

Eksplorasi konsep

Ruang kolaborasi

Refleksi Terbimbing

Demonstrasi kontekstual

Elaborasi pemahaman

Koneksi antar materi

Aksi nyata

Mulai dari diri

  1. Pemahaman saya mengenai coaching sebagai sebuah keterampilan komunikasi yang memberdayakan,
  2. Pengenalan kemampuan diri dalam menyelesaikan masalah

Glosarium

coach            : pemberi manfaat dan pelaksana kegiatan coaching

coachee        : penerima kegiatan dan manfaat kegiatan coaching

coaching     : kegiatan percakapan yang menstimulasi pemikiran coachee dan memberdayakan potensi coachee

community of practice    : sebuah kelompok yang terbentuk dengan tujuan berlatih dan mempraktikan materi pelatihan untuk pengembangan bersama

mentee          : penerima kegiatan mentoring


 


Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)