SOAL DAN JAWABAN IPA KELAS VI SEMESTER 1


SOAL DAN JAWABAN IPA KELAS VI
SEMESTER 1

1.             Makanan utama lebah adalah madu bunga.
2.             Lebah memiliki tipe mulut pengisap dan penjilat.
3.             Bunga yang penyerbukannya dibantu oleh lebah memiliki warna mahkota yang mencolok.
          Warna bunga yang mencolok menarik lebah untuk datang mendekat.
4.             Cecak dan tokek memiliki telapak kaki pelekat  yang berfungsi untuk menggenggam permukaan benda ketika memanjat.
         Sisik di bagian telapak kaki membentuk bantalan lebar yang dilengkapi dengan rambut-rambut halus yang  memiliki daya isap yang kuat sehing-ga cecak dapat menempel di permukaan dinding, memanjat permukaan yang tegak lurus, seperti dinding dan langit-langit rumah.
5.             Kelelawar adalah satu-satunya hewan menyusui yang dapat terbang. Satu hal yang sangat unik dari telinga kelelawar adalah kemampuannya menerima getaran gema (kemampuan ekolokasi}. Telinga kelelawar mampu menerima getaran ultrasonik dengan frekuensi lebih dari 20.000 Hz, yang dikeluarkan dari pangkal tenggorokannya.Apabila getaran ultrasonik ini menyentuh suatu benda, maka gema yang ditimbulkan akan diterima oleh telinganya. Gema ini memberikan informasi tentang benda yang ada di hadapannya di malam hari tanpa menabrak benda di hadapannya.
6.             Kelelawar vampir (Desmodus rotundus) dikenal sebagai hewan pengisap darah. Pada umumnya kelelawar vampir mendarat, lalu merangkak menuju mangsa yang tertidur (termasuk manusia), kemudian melukainya dengan giginya yang tajam. Kelelawar vampir merupakan satu-satunya mamalia yang hidupnya secara parasit.
7.             Kaki bebek berselaput berfungsi untuk menapak di tanah berlumpur agar kakinya tidak tenggelam dan untuk mendayung sehingga bebek mampu berenang di air.
8.             Unta memiliki punuk yang berisi lemak sebagai cadangan makanan,
9.             Bunglon mempunyai lidah panjang dan kemampuan mimikri (mengubah warna kulit}.
10.         Burung hantu memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam dan memiliki bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya untuk membantunya terbang tanpa suara.
11.         Ular memiliki organ Jacobson (organ pembau yang khusus di langit-langit mulutnya) sebagai indra penciuman.
12.         Kaktus mempunyai batang yang dapat digunakan untuk menyimpan air, daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan serta akar  yang panjang dan tersebar di tanah berfungsi sebagai penyerap air dan zat hara.
13.         Daun teratai memiliki stomata di permukaan atas daun untuk  memudahkan pengelu-aran uap air ke udara. Teratai juga memiliki permukaan daun yang lebar bertujuan mempercepat penguapan dan memiliki batang berongga sebagai jalan udara agar  tetap dapat bernapas meski berada di dalam air.

Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)