1.2.a.9 KONEKSI ANTAR MATERI NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK_CGP 4 KABUPATEN BLITAR

"Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.” 
~ Benjamin Franklin

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk menyusun rencana perubahan kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP sendiri sebagai respon untuk mengaitkan nilai-nilai dan peran Guru Penggerak baik dengan semua materi yang telah dipelajari dalam modul ini dan materi lain yang relevan di luar modul ini demi menjadi seorang Guru yang memahami serta menjalankan  nilai dan peran Guru Penggerak.

Untuk memudahkan Bapak/Ibu CGP dalam merajut pemahaman dari berbagai materi, ada penugasan yang perlu Anda lakukan. Tugas tersebut adalah:

  • Buatlah sebuah kesimpulan mengenai nilai dan peran Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari di modul 1.2 dengan modul 1.1 yang sudah Anda pelajari sebelumnya

  • Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya.

  • Unggahlah kesimpulan Anda ke dalam LMS

Beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas kesimpulan ini adalah:

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

  3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

5 Nilai dari Guru Penggerak yaitu:

  1. Mandiri, bahwa seorang guru harus memiliki motivasi sendiri untuk meng-upgrade pengetahuan dan keterampilannya tanpa ada anjuran dan dorongan dari orang lain.
  2. Reflektif, bahwa seorang Guru Penggerak harus melakukan perenungan/refleksi untuk mendapatkan umpan balik terkait apa yang sudah dilaksanakan untuk mengetahui kekurangan dan hal-hal baik yang sudah diterapkan serta untuk memperbaiki segala kekurangan yang ada.
  3. Kolaboratif, bahwa seorang Guru Penggerak harus dapat bekerja sama dengan guru lain untuk mendapatkan ide-ide baru yang kreatif, inovatif dalam mewujudkan merdeka belajar.
  4. Inovatif, bahwa seorang Guru Penggerak dapat memunculkan sesuatu yang memiliki daya guna dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan, membuat media pembelajaran yang menarik dan bermanfaat bagi siswa.
  5. Berpihak pada murid, bahwa seorang Guru Penggerak dalam melakukan pembelajaran di kelas harus terpusat pada tumbuh kembang siswa, yaitu mendidik siswa sesuai kodrat alam dan kodrat zaman serta adanya kesepakatan kelas yang dibuat oleh siswa dengan arahan guru.

Terdapat 5 peran Guru Penggerak yaitu :

  1. Menjadi pemimpin pembelajaran
  2. Menggerakkan komunitas praktisi
  3. Menjadi coach bagi guru lain
  4. Mendorong kolaborasi antar guru
  5. Mewujudkan kepemimpinan murid

Keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara :

Ada. Untuk mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara, di            antaranya adalah Pendidikan harus seimbang dan holistic, berpusat pada murid, mendidik anak harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, dan mewujudkan merdeka belajar maka peran Guru Penggerak sangat penting  sebagai agen perubahan Pendidikan di Indonesia sesuai dengan filosofi KHD.

Strategi yang saya lakukan adalah :

terus meng-update diri, siap dengan segala perubahan ke arah yang lebih baik, belajar dengan semangat, berkolaborasi dengan guru lain, mau menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, menjadi teladan yang baik agar dapat mewujudkan 5 nilai dan peran Guru Penggerak secara utuh dan menyeluruh dewi mewujudkan merdeka belajar dan Profil Pelajar Pancasila. 

Pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya di demonstrasi kontekstual :
  1. Fasilitator dan Instruktur berperan dalam pembelajaran secara daring terkait materi dan pembelajaran di LMS
  2. Pengajar praktik berperan dalam melakukan pendampingan individu secara luring
  3. Kepala sekolah memiliki peran penting pemangku jabatan tertinggi di sekolah yang memberikan dukungan penuh terhadap program Guru Penggerak
  4. Teman sejawat memiliki peran sangat baik karena mampu berkolaborasi dan bekerja sama.
  5. Keluarga memiliki peran penting karena memberikan dukungan semangat dan motivasi terkait program Guru Penggerak

Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)