2.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 2.1

Durasi: 1 JP

Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi pengetahuan awal mereka tentang konsep Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pertanyaan pemantik pada kegiatan ini adalah:

  1. Apa yang telah saya ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?
  2. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di Sesi Pembelajaran yang Pertama!  

Dalam sesi ini, Anda akan mengaktivasi pengetahuan yang telah Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi dan mengidentifikasi apa saja yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.

Pada kegiatan ini, Bapak/Ibu akan kami minta untuk:

  • menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.
  • menonton sebuah video yang berjudul Sekolah Hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut. 
  • menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang saat ini Anda miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Jangan khawatir apabila Anda merasa belum banyak mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, karena pertanyaan-pertanyaan tersebut bersifat diagnostik dan bukan dimaksudkan untuk membuat penilaian akhir terhadap Anda.

Penting sekali untuk menyelesaikan tugas ini tepat waktu agar instruktur atau fasilitator pelatihan ini dapat menyesuaikan konten ajar mereka dengan tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selamat berefleksi, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak!

Mulai dari Diri

Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait Pembelajaran Berdiferensiasi yang tersedia di platform pembelajaran Daring yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pertanyaan reflektif terkait Pembelajaran Berdiferensiasi:

Ceritakan pengalaman Anda yang paling berkesan pada saat Anda melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam!

Pengalaman belajar di kelas yang sangat berkesan dengan murid yang sangat beragam adalah ketika saya mengajar pelajaran Matematika. Sebagian murid dapat memahami dari video pembelajaran yang saya putar melalui proyektor, yang di dalamnya terdapat gambar dan suara. Tetapi beberapa murid ada yang kurang paham meskipun video pembelajaran saya putar berulang-ulang dengan tambahan saya skip dan saya tambahkan penjelasan. Tapi saya tidak putus asa, usai belajar melalui audiovisual, saya dan anak-anak melakukan praktik terkait materi pembelajaran Matematika tersebut.  Dengan cara belajar melalui video, audio, dan praktik, alhamdulillah beberapa anak yang kurang paham tadi mulai memahami meskipun harus tetap saya tambahkan penjelasan.Bottom of Form

Apa yang telah Anda ketahui tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu, karena setiap individu mempunyai profil belajar yang berbeda.

Setelah menyaksikan video di atas, menurut Anda bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi? (terutama untuk memenuhi kebutuhan belajar murid).

Menurut saya pembelajaran harus dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi  (baik diferensiasi produk, konten, maupun proses) karena setiap individu memiliki profil belajar yang berbeda.

Apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tentang pembelajaran berdiferensiasi?

Saya sangat tertarik mengetahui lebih lanjut pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana cara merancang diferensiasi produk, konten, dan proses serta penerapan yang benar pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

 

Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)