2.1.a.9. Koneksi Antar Materi - Modul 2.1


PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

1.    Pembelajaran Berdiferensiasi

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense

yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Pembelajaran 

berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana

guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

2.      Mengidentifikasi atau Memetakan Kebutuhan Belajar Murid

1)    Kesiapan belajar (readiness) murid

2)    Minat murid

3)    Profil belajar murid

Sebagai guru, kita mengetahui bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Tugas-tugas tersebut memicu keingintahuan atau hasrat dalam diri murid (minat), dan jika tugas itu memberikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar).

Ciri-ciri pembelajaran berdiferensiasi :

1.    Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.

2.    Guru menanggapi kebutuhan belajar murid.

3.     Menciptakan lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar,

4.    Managemen kelas yang efektif.

5.    Guru menggunakan penilaian formatif untuk menentukan pemetaan kebutuhan murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan murid karena pembelajaran dirancang sesuai dengan kesiapan, minat dan profil belajar murid. Murid akan merasa senang dalam kegiatan pembelajaran di kelas karena sesuai dengan minat dan kesukaan mereka.

Pembelajaran diferensiasi juga dapat membantu mencapai hasil belajar yang optimal karena murid yang terpenuhi kebutuhan belajarnya dapat menyerap materi pembelajaran dengan sangat baik dan mereka akan menampilkan hasil belajar yang sesuai dengan minat sehingga hasil belajar akan maksimal. 

Pembelajaran berdiferensiasi

Produk Profil Belajar Tipe Kinestetik

 
Produk Profil Belajar Visual

Kaitan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan modul lainnya adalah bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi akan memberikan kemudahan bagi guru untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang selalu berubah karena guru mendidik harus sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman anak sesuai dengan modul 1.1 yaitu Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.



Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)