ULANGAN AKHIR SEMESTER I KELAS VII
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas :
VII ( Tujuh )
Hari / Tanggal :
………………….
Waktu :
………………….
PETUNJUK UMUM:
- Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisisan data dan peserta pada
lembar jawab komputer ( LJK ) yang tersedia.
- Gunakan pensil 2 B untuk menjawab soal pilihan ganda dengan cara
menghitamkan bulatan pada LJK, dan gunakan pulpen/ balpoint untuk menjawab
soal uraian pada lembar jawaban uraian ( LJU ).
- Periksa dan bacalah soal-soal sebelum menjawabnya.
- Jumlah soalsebanyak 45 terdidiri dari 40 butir soal pilihan
ganda dan 5 butir soal uraian.
- Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan yang
kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
- Dahulukan soal - soal yang anda anggap mudah.
- Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian bila diperlukan.
- Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas
ujian.
- Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika atau
alat bantu lainnya.
- Lembar soal tidak boleh corat – coret, difotocopi, atau
digandakan.
SELAMAT MENGERJAKAN
![]() |
I.
PILIHAN GANDA
PETUNJUK KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 s.d. 40
pilihlah jawaban yang paling benar!
Cinta Lingkungan
Lingkungan hidup adalah segala
sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.Lingkungan
hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan
berkembang biak seperti manusia,binatang dan tumbuhan. Benda mati antara lain
tana,air,api,batu dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu
dapat menciptakan mesyarakat yang
sehat,aman,tenteram,lahir dan batin.
Indonesia merupakan paru-paru dunia
kedua. Indonesia memilki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. DI negara
ini terdapat tumbuh-tumbahan dan hewan
yang khas,seperti matoa,kayu cendana,burung cendrawasih,orang utan dan komodo.
Ekosistem di Indonesia yang masih
terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di
bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni
segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan
sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau
reptil,seperti ular,kadal,dan tokek masih berkeliaran.Burung-burung kecil kecil
berkicau,musang berlari-larian,ayam berkokok, dan berbagai serangga saling
pengaruh.
Alam yang indah ini harus
dicintai,dan dilestrarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan
kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu,rasa cinta itu juga harus terus
ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat
bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
1.
Dari teks laporan hasil
observasi di atas yang bukan termasuk
struktur teks laporan hasil observasi adalah:
a.
Divinisi umum c. Deskripsi bagian
b.
Deskripsi manfaat d.
Klasifikasi
2. Dari teks laporan observasi di atas ,paragraf keberapakah yang termasuk bagian deskripsi
manfaat .
a.
Paragraf ke-1 c.
Paragraf ke-3
b.
Paragraf ke-2 d. Paragraf ke-4
3.
Dari teks laporan hasil
observasi di atas,paragraf keberapakah
yang termasuk divinisi umum
a.
Paragraf ke-1 c.
Paragraf ke-3
b.
Paragraf ke-2 d. Paragraf ke-4
4.
Seorang atlit sepak bola mengalami
kecelakaan di depan apotik Sumber Hidup. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan
yang licin dan banyak berlubang. Masyarakat berharap pemerintah lebih peka
terhadap kondisi ini dan tidak hanya sekedar memberikan himbauan kepada
pengguna jalan untuk lebih berhati-hati.
Kata yang tepat untuk menggantikan kata
bercetak miring di atas adalah.
a.
Atlet,apotek,sekadar,imbauan c.
Atletik,apotik,sekadar,imbauan
b.
Atlet,apotek,sekedar,imbauan d. At;etik,apotek,sekadar,imbauan
5.
Terumbu karang di Taman Nasional
bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah
yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih
lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air
jernih yang tidak terkena polusi. Di
samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis
ikan,seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain
ikan tuna, tongkol,tenggiri, kerapu, baronang.
Ide pokok paragraf tersebut
adalah…..
a.
Terumbu karang hidup di pantai c. Taman laut bunaken juga dihuni beragam jenis i
b.
Terumbu karang di taman nasional ikan
Bunaken sangat banyak jenisnya d. Termbu karang ini hidup di pantai
6.
Terumbu karang hidup di perairan…..
a.
Dasar laut c. air jernih
b.
Terpolusi d. kedalaman 200 meter
7.
Perhatikan paragraf di bawah
ini,untuk menjawab soal no. 7,8,9.
( 1 ) Lingkungan hidup adalah segala
sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. ( 2 ) Lingkungan
hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. ( 3 ) Benda hidup perlu makanan
dan berkembang biak seperti manusia,binatang dan tumbuhan. ( 4 ) Benda mati
antara lain tana,air,api,batu dan udara. ( 5 ) Jika terpelihara dengan baik,
lingkungan hidup itu dapat menciptakan
masyarakat yang sehat,aman,tenteram,lahir dan batin.
Paragraf di atas yang memuat
3 kata berimbuhan terdapat pada….
a.
kalimat ke-5 c. kalimat ke-3
b.
kalimat ke-4 d. kalimat ke-2
8.
Lingkungan hidup itu dapat
menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram,lahir dan batin.Kata
menciptakan pada kalimat tersebut terbentuk dari kata….
a.
men+cipta+kan c. me+cipta+kan
b.
me+ciptakan d. men+ciptakan
9.
Yang tidak termasuk kelompok kata
/frasa pada paragraf di atas adalah…..
a.
Lingkungan hidup c. timbal
balik
b.
Benda hidup d. menciptakan
masyarakat
10. Perhatikan
kalimat berikut!
1.
Burung-burung kecil berkicau, musang
berlari-larian,ayam berkokok dan berbagai serangga hudup saling berpengaruh.
2.
Ekosistem di Indonesia yang masih
terjaga ,salah satunya, adalah kawasan gunung kidul.
3.
Di daerah itu sngai di bawah tanah
airnya melimpah.
4.
Di gua dan sekitar sungai masih
dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton.
5.
Fitoplankton itu menjadi makanan
ikan sehingga ikan berkembang biak deangan baik.
6.
Hewan-hewan melata atau reptil
seperti ular,kadal,tokek,masih berkeliaran.
Urutan kalimat yang benar sehingga menjadi paragraf yang
padu adalah……
a.
2-3-4-5-6-1 c.
2-3-4-6-1-5
b.
3-4-5-6-1-2 d.
4-5-6-1-2-3
11. Berikut
ini yang termasuk kata baku terdapat pada kalimat….
a.
Sandi membeli obat apotik sumber
waras. c. Setiap pekerjaan pasti memiliki
resiko.
b.
Devi menulis surat ijin untuk Rama. d. Ayah memberi nasihat agar aku
rajin belajar.
12. Berikut
ini yang termasuk kata tidak baku adalah….
a.
lembab,atlit,sistim,jum’at c.
lembab,kualitas,napas,praktek
b.
nasihat,jenazah,indra,survei d.
imbauan,nafas,atlit,jenasah
13. Lengkapilah
kaimat berikut ini
Rasa cinta itu juga harus
terus….agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia
a.
ditanamkan c.
ditanam
b.
tertanam d.dilestarikan
14. Tari
saman tercatat di UNESCO pada Daftar
Representatif Budaya Warisan Manusia.Penetapan itu dilaksanakan pada
sidang ke-6 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan warisan Budaya Takbenda
UNESCO di Bali, pada 24 November 2011.Pada awalnya tari saman merupakan salah
satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tari saman mengandung
pendidikan keagamaan,sopan-santun,kepahlawana,kekompakan ,dan kebersamaan.
Paragraf di atas merupakan bagian
dari teks deskriptif….
a.
identifikasi c.
klasifikasi
b.
deskripsi bagian d.
deskripsi manfaat
15. Perhatikan
penggalan teks tanggapan deskriptif di bawah ini,untuk menjawab soal
no.15,16.
( 1 ) Tari Gambyong adalah tarian
untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.( 2 ) Tarian ini
dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama gambyong.( 3 ) Penari ini hidup
pada zaman Sunan Paku Buono IV di Surakarta.
( 4 ) Dia mahir dalam menari dan memiliki
suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum pada jaman itu.
Makna istilah tari gambyong adalah….
a.
Menyampaikan pesan c.
menyampikan dakwah
b.
Menyambut tamu d.
mengawali suatu acara
16. Ada
berapakah kata berimbuhan yang terdapat pada kalimat ke-1
a.
1 c.
2
b.
3 d.
4
17. (1)
Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak
(2) Pada saat menari meraka
menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu.
(3) Tari kecak merupakan pentunjukan
tari khas Bali.
(4) Tari itu dimainkan puluhan
laki-laki yang duduk berbaris melingkar
Urutan kalimat dijadikan paragraf
yang padu adalah…..
a.
3-4-2-1 c.
3-4-1-2
b.
4-3-2-1 d.
2-1-3-4
18. Yang
bukan merupakan syarat-syarat pantun adalah…
a.
1 bait terdiri dari 4 baris c.
bersajak a-a-a-a
b.
1 baris terdiri dari 4 kata d.
baris 1,2 sampiran,baris 3,4 isi
Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian
19. Makna
kata hulu pada larik pertama adalah….
a.
Bagian sumber mata air yang dekat
dengan sungai
b.
Mata air yang dekat dengan pinggiran
sungai.
c.
bagian sungai yang dekat dengan mata
air .
d.
pinggiran sungai
20. Bentuk
pantun terdiri atas dua bagian sampiran….isi.
Konjungsi yang tepat untuk
melengkapi kallimat di atas adalah….
a.
atau c.
tetapi
b.
dan d.
juga
Stress merupakan masalah jiwa yang
paling popular di abad ini. Coba Anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang
yang Anda jumpai menyatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungki
Anda sendiri sudah mengalaminya? Sters memang bukanlah suatu penyakit, tetapi
jika Anda tidak dapat mengaatasinya dalam waktu tertentu, Anda akan didera
banyak masalah kesehatan yang bisa membahayaakan diri Anda sendiri.
Bila individu berhadapan dengan stes secara berlebihan atau membutuhkan
waktu lama untuk menghilangkan factor-faktor penyebabnya, stress menjadi
negative dan merusak. Kondisi ini tidak disebut lagi sebagai stress, melaikan
distress.
Distress tidaklah baik untuk kesehatan maupun psikologis. Individu yang
rawan kena stress akan menumpuk distress dalam pikiran-pikirannya yang berlanjut
pada perubahan-perubahan prilaku, bahkan terbentuknya depresi di kemudian hari.
Meskipun kadang dia kelihatan normal dalam perilaku kesehaariannya, dia akan
terus menyimpan pengalaaman stress dalam pikiran di bawah sadarnya. Sementara
itu, hormone-hormon kadar stress yang terdapat dalam tubuhpun terus menumpuk
sehingga memperburuk system kekebalan tubih. Oleh karena itu, tak heran bila
dalam stress tinggi, seseorang juga memiliki priwayat penyakit yang banyak
pula.
- Paragraf
di atas termasuk paragraf ….
c.
deskripsi c. argumentasi
d.
eksposisi d. hasil observasi
- Tesis
(pembukaan) dalam teks di atas
terdapat pada ….
a.
paragraf pertama
c. paragraf ketiga
b.
paragraf kedua
d. kalimat terakhir
- Pokok
bahasan paragraf di atas adalah ….
a.
pencegahan stres c. penyebab stres
b.
dampak stres d. fenomena stres
- Pernyataan
yang tidak sesuai dengan
perangkat di atas adalah ….
a.
Stres merupakan suatu penyakit yang
parah.
b.
Stres dapat menyebabkan munculnya
berbagai penyakit.
c.
Stres terjadi dalam jangka lama dan
dapat menjadi negatif dan merusak.
d. Kondisi stres
berkepanjangan disebut distres.
- Pernyataan
yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ….
a.
Distres tidak menyebabkan perubahan
prilaku penderitanya.
b.
Distres tidaklah baik untuk
kesehatan maupun psikologis.
c.
Distres diakibatkan perasaan bahagia
yang menumpuk dalam pikiran.
d.
Stres berkepanjangan dapat menjaga
kekebalan tubuh.
Melalui Drama Musikal Belajar
Bahasa
Siswa SD Bina Talenta Graha
School mementaskan drama musikal berjudul Sleeping Beauty pada hari Sabtu, 16 Mare t 2013. Tujuan utamanya
adalah menguasai bahasa dengan baik dan indah melalui drama musik. “Dengan bermusik, ternyata
belajar bahasa itu enak dan mudah,” kata Naomi yang
berperan sebagai putri raja.
Cara belajar bahasa yang paling
baik bagi anak-anak adalah melalui musik karena anak-anak suka bermain musik dengan berdansa, memukul aneka sumber bunyi, melantunkan lagu, dan baca
puisi atau deklamasi (fingerplay).
Mereka tidak bosan-bosan walau diulang-ulang puluhan kali. Dengan demikian ,
bermain musik sangat efektif untuk belajar
bahasa.
Beberapa tujuan belajar bahasa
mudah tercapai: pelafalan, komunikasi aktif dan praktis, serta apresiasi sastra. Banyak ahli pendidikan bahasa, seperti
Sue Dickson sudah mengkaji dan menciptakan metode mengajar bahasa, antara lain Sing Spell Read and Write (SSRW). Oleh karena itu, pendekatan utama belajar bahasa
sejak kelompok bermain hingga SD adalah drama dan musikalisasi puisi.
Dalam rangkaian acara pementasan
itu, secara kolosal semua siswa kelompok bermain dan SD terlibat dalam drama
musikal yang mengangkat peristiwa sehari-hari yang terjadi di sekolah. Peristiwa itu dirangkai menjadi drama yang natural,
orisinal.
Berbagai sumber bunyi seperti
gallon, botol, sendok, serta aneka peralatan musik dimainkan dengan harmoni. Akibatnya, suasana sangat alami, lucu,
menghibur, dan menyejukkan. Karena musik pendidikan melahirkan suasana hidup anak yang kreatif. “Melalui musik, dansa, dan pakaian pendukung, anak-anak jadi makin
berani tampil. Gerak tubuh mereka jadi luwes dan pelafalan jadi mantap karena
musik. Kreativitas guru ditantang atas
dorongan ahlinya,” kata Ms. Elida R. Saragi.
Sumber:
www.berani.co.id
- Bagian
pembuka dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.
1 c.
3
b.
2 d. 4
- Bagian
yang menyatakan penjelasan dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.
1 dan 2 c. 1 dan 3
b.
2, 3, dan 4 d. 3 dan 4
- Bagian
yang menyatakan penutup dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.
2 c.
4
b.
3 d.
5
- Gagasan
utama paragraf pertama adalah ….
a.
Siswa SD Bina Talenta Graha School
mementaskan drama musikal berjudul Sleeping
Beauty pada hari Sabtu, 16 Maret 2013.
b.
Tujuan utama diselenggarakan drama
musikal adalah untuk menguasai bahasa dengan baik dan indah.
c.
Naomi memberi penjelasan bahwa
belajar bahasa dengan bermain musik itu mudah.
d.
Naomi berperan sebagai putri raja.
- Dalam
rangkaian acara pementasan itu, secara kolosal semua siswa kelompok
bermain dan SD terlibat dalam drama musikal yang mengangkat peristiwa
sehari-hari yang terjadi di sekolah.
a.
khusus c. istimewa
b.
besar-besaran d. terbatas
- Tujuan
penulisan teks tersebut adalah ….
a.
Mempengaruhi pendapat pembaca agar
menyetujui bahwa belajar bahsa harus
melalui musik dan drama.
b.
Mendeskripsikan pentingnya belajar
bahasa melalui musik dan drama.
c.
Memeberi penjelasan atau informasi
kepada pembaca tentang belajar bahasa melalui musik dan drama.
d.
Membantu pembaca untuk memahami
bagaimana cara belajar bahasa dengan musik dan drama.
- Kalimat
penutup dalam teks eksposisi contohnya ….
a.
Keuntungan belajar itu banyak.
b.
Belajar sangat penting bagi para
pelajar,
c.
Siapa yang tidak suka belajar?
d.
Kewajiban pokok seorang siswa adalah
belajar.
- Struktur
teks eksposisi adalah ….
a.
pernyataan-simpulan-rekomendasi
b.
pembuka-rekomendasi-simpulan
c.
pembuka-penjelas-penutup
d.
pernyataan-simpulan dan
rekomendasi-alasan
- Kalimat
yang menggunakan konjungsi yang menyatakan sebab adalah ….
a.
Dia tidak rajin, tetapi beruntung.
b.
Kakakku rajin belajar sebab mau
ujian.
c.
Ayah sudah pulang sehingga adikku
senang.
d.
Kami pergi ke Jakarta, lalu ke
Semarang.
- Kalimat
berikut yang mengggunakan konjungsi yang menyatakan akibat adalah ….
a.
Oleh karena itu, kita harus lebih
giat belajar.
b.
Rudi telah belajar setiap hari
sehingga merasa siap mengikuti ujian.
c.
Siapa pun yang telah belajar akan
merasa tenang.
d.
Oleh karena dia tidak belajar, dia
jadi gelisah.
Perempuan itu tinggi
semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajahnya yang
kuning tammpak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang
tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan paraa wanita Palestina.
- Paragraf di atas merupakan paragraf ….
a.
argumentasi c.
deskripsi
b.
narasi
d. persuasi
- Cuaca
panas membuat semua orang mudah merasakan dahaga.
Kata yang bercetak miring pada
kalimat di atas memmiliki sinonim dengan kata di bawah ini yaitu ….
a.
haus
c. lapar
b.
pusing
d. panas
- Budi
merupakan salah satu siswa berprestasi di sekolah kami. Ia rajin mengunjungi perpustakaan
sekolah kami. Ia lahir lima
belas tahun yang lalu. Ia memiliki tubuh yang kurus.
Meskipun demikian, Budi merupakan
siswa paling tinggi di kelasnya.
Antonim dari katta-kata bercetak
miring dalam paragraph di atas adalah ….
a.
malas, meninggal, gemuk, panjang
b.
malas, meninggal, besar, pendek
c.
malas, meninggal, gemuk, pendek
d.
malas, meninggal, kecil, pendek
- Usaha
menejmen Sriwijaya Football Club (SFC) untuk mendapatkan striker Budi
Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal
menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikonttrak selama setengah musim
atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian,
menejemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama. Isi kutipan paragraf
di atas adalah ….
a.
Menejemen SFC Budi Sudarsono.
b.
Harga konttrak tidak disepkati dan
Budi Sudarsono.
c.
Budi Sudarsono akan dikonttrak
selama setengah musim.
d.
Budi Sudarsono telah menandatangani
kontrak dengan SFC.
- Berikut
topik yang tepat untuk karangan deskripsi, kecuali ….
a.
Langkah-langkah menulis paragraf.
b.
Keindahan Bukit Kintamani.
c.
Keadaan daerah yang dilanda bencana.
d.
Suasa pelaksanaan promosi kompetensi
siswa SMK tingkat nasional.
B. Untuk soal nomor 41 s.d.
45 jawablah dengan singkat tetapi jelas!
41. Ceritakanlah keadaan lingkungan
yang ada di sekitarmu!
42.
Sebutkan struktur teks tanggapan deskriptif!
43. Sebutkan langkah-langkah menyusun
teks tanggapan deskripsi!
44.
Jelaskan yang dimaksud teks eksposisi!
45.
Apa yang Anda ketahui tentang teks eksposisi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar