SOAL BAHASA INDONESIA ULANGAN AKHIR SEMESTER I KELAS VII


ULANGAN AKHIR SEMESTER I KELAS VII


Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan    : SMP
Kelas                         : VII ( Tujuh )
Hari / Tanggal            : ………………….
Waktu                        : ………………….

PETUNJUK UMUM:

  1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisisan data dan peserta pada lembar jawab komputer ( LJK ) yang tersedia.
  2. Gunakan pensil 2 B untuk menjawab soal pilihan ganda dengan cara menghitamkan bulatan pada LJK, dan gunakan pulpen/ balpoint untuk menjawab soal uraian pada lembar jawaban uraian ( LJU ).
  3. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum menjawabnya.
  4. Jumlah soalsebanyak 45 terdidiri dari 40 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian.
  5. Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang.
  6. Dahulukan soal - soal yang anda anggap mudah.
  7. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian bila diperlukan.
  8. Periksalah pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
  9. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, tabel matematika atau alat bantu lainnya.
  10. Lembar soal tidak boleh corat – coret, difotocopi, atau digandakan.

SELAMAT MENGERJAKAN
 


I.                   PILIHAN GANDA
     
PETUNJUK  KHUSUS:
Untuk soal nomor 1 s.d. 40 pilihlah jawaban yang paling benar!           

Cinta Lingkungan

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia,binatang dan tumbuhan. Benda mati antara lain tana,air,api,batu dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan  mesyarakat yang sehat,aman,tenteram,lahir dan batin.

Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memilki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. DI negara ini terdapat tumbuh-tumbahan  dan hewan yang khas,seperti matoa,kayu cendana,burung cendrawasih,orang utan dan komodo.

Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil,seperti ular,kadal,dan tokek masih berkeliaran.Burung-burung kecil kecil berkicau,musang berlari-larian,ayam berkokok, dan berbagai serangga saling pengaruh.

Alam yang indah ini harus dicintai,dan dilestrarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu,rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

1.      Dari teks laporan hasil observasi  di atas yang bukan termasuk struktur teks laporan hasil observasi adalah:
a.       Divinisi umum                                             c. Deskripsi bagian                             
b.      Deskripsi manfaat                                       d. Klasifikasi
       
2. Dari teks laporan observasi di atas ,paragraf  keberapakah yang termasuk bagian deskripsi manfaat .
a. Paragraf ke-1                                                 c. Paragraf ke-3
b. Paragraf ke-2                                                 d. Paragraf ke-4

3.      Dari teks laporan hasil observasi  di atas,paragraf keberapakah yang termasuk  divinisi umum
a.    Paragraf ke-1                                                            c. Paragraf ke-3
b.    Paragraf ke-2                                                            d. Paragraf ke-4

4.      Seorang atlit sepak bola mengalami kecelakaan di depan apotik Sumber Hidup. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang licin dan banyak berlubang. Masyarakat berharap pemerintah lebih peka terhadap kondisi ini dan tidak hanya sekedar memberikan himbauan kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati.
      Kata yang tepat untuk menggantikan kata bercetak miring di atas adalah.
a.       Atlet,apotek,sekadar,imbauan                  c. Atletik,apotik,sekadar,imbauan
b.      Atlet,apotek,sekedar,imbauan                  d. At;etik,apotek,sekadar,imbauan

5.      Terumbu karang di Taman Nasional bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di  samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan,seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa.  Ikan lain di laut Indonesia  yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol,tenggiri, kerapu, baronang.
Ide pokok paragraf tersebut adalah…..
a.       Terumbu karang  hidup di pantai                c. Taman laut bunaken juga dihuni beragam jenis i
b.      Terumbu karang di taman nasional                   ikan
Bunaken sangat banyak jenisnya                d.  Termbu karang ini hidup di pantai

6.      Terumbu karang hidup di perairan…..
a.       Dasar laut                                        c. air jernih
b.      Terpolusi                                         d. kedalaman 200 meter

7.      Perhatikan paragraf di bawah ini,untuk menjawab soal no. 7,8,9. 
( 1 ) Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. ( 2 ) Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. ( 3 ) Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia,binatang dan tumbuhan. ( 4 ) Benda mati antara lain tana,air,api,batu dan udara. ( 5 ) Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan  masyarakat yang sehat,aman,tenteram,lahir dan batin.

Paragraf di atas yang memuat 3 kata berimbuhan terdapat pada….
a.    kalimat ke-5                                                  c. kalimat ke-3
b.    kalimat ke-4                                                  d. kalimat ke-2

8.      Lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram,lahir dan batin.Kata menciptakan pada kalimat tersebut terbentuk dari kata….
a.       men+cipta+kan                                           c. me+cipta+kan
b.      me+ciptakan                                                d. men+ciptakan

9.      Yang tidak termasuk kelompok kata /frasa pada paragraf di atas adalah…..
a.       Lingkungan hidup                                       c. timbal balik
b.      Benda hidup                                               d. menciptakan masyarakat
       
10.  Perhatikan kalimat berikut!
1.    Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian,ayam berkokok dan berbagai serangga hudup saling berpengaruh.
2.    Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga ,salah satunya, adalah kawasan gunung kidul.
3.    Di daerah itu sngai di bawah tanah airnya melimpah.
4.    Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton.
5.    Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak deangan baik.
6.    Hewan-hewan melata atau reptil seperti ular,kadal,tokek,masih berkeliaran.
Urutan kalimat yang benar sehingga menjadi paragraf yang padu adalah……
a.       2-3-4-5-6-1                                                c. 2-3-4-6-1-5
b.      3-4-5-6-1-2                                                d. 4-5-6-1-2-3

11.  Berikut ini yang termasuk kata baku terdapat pada kalimat….
a.       Sandi membeli obat apotik sumber waras.  c. Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko.
b.      Devi menulis surat ijin untuk Rama.           d. Ayah memberi nasihat agar aku rajin                                                                     belajar.

12.  Berikut ini yang termasuk kata tidak baku adalah….
a.       lembab,atlit,sistim,jum’at                            c. lembab,kualitas,napas,praktek
b.      nasihat,jenazah,indra,survei                        d. imbauan,nafas,atlit,jenasah

13.  Lengkapilah kaimat berikut ini
Rasa cinta itu juga harus terus….agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia
a.       ditanamkan                                                             c. ditanam
b.      tertanam                                                                  d.dilestarikan

14.  Tari saman tercatat di UNESCO pada Daftar  Representatif Budaya Warisan Manusia.Penetapan itu dilaksanakan pada sidang ke-6 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, pada 24 November 2011.Pada awalnya tari saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah. Tari saman mengandung pendidikan keagamaan,sopan-santun,kepahlawana,kekompakan ,dan kebersamaan.
Paragraf di atas merupakan bagian dari teks deskriptif….
a.       identifikasi                                                              c. klasifikasi
b.      deskripsi bagian                                                      d. deskripsi manfaat

15.   Perhatikan  penggalan teks tanggapan deskriptif di bawah ini,untuk menjawab soal no.15,16.
( 1 ) Tari Gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.( 2 ) Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama gambyong.( 3 ) Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buono IV di Surakarta.
 ( 4 ) Dia mahir dalam menari dan memiliki suara merdu sehingga menjadi pujaan kaum pada jaman itu.
Makna istilah tari gambyong adalah….
a.       Menyampaikan pesan                                              c. menyampikan dakwah
b.      Menyambut tamu                                                    d. mengawali suatu acara

16.  Ada berapakah kata berimbuhan yang terdapat pada kalimat ke-1
a.       1                                                                              c. 2
b.      3                                                                              d. 4

17.  (1) Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak
(2) Pada saat menari meraka menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu.
(3) Tari kecak merupakan pentunjukan tari khas Bali.
(4) Tari itu dimainkan puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar
Urutan kalimat dijadikan paragraf yang padu adalah…..
a.       3-4-2-1                                                                    c. 3-4-1-2
b.      4-3-2-1                                                                    d. 2-1-3-4

18.  Yang bukan merupakan syarat-syarat pantun adalah…
a.       1 bait terdiri dari 4 baris                                          c. bersajak a-a-a-a
b.      1 baris terdiri dari 4 kata                                         d. baris 1,2 sampiran,baris 3,4 isi

Ke hulu membuat pagar
Jangan terpotong batang durian
Cari guru tempat belajar
Supaya jangan sesal kemudian

19.  Makna kata hulu pada larik pertama  adalah….
a.       Bagian sumber mata air yang dekat dengan sungai           
b.      Mata air yang dekat dengan pinggiran sungai.
c.       bagian sungai yang dekat dengan mata air .
d.      pinggiran sungai

20.  Bentuk pantun terdiri atas dua bagian sampiran….isi.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi kallimat di atas adalah….
a.       atau                                                             c. tetapi
b.       dan                                                             d. juga

   
Stress merupakan masalah jiwa yang paling popular di abad ini. Coba Anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang Anda jumpai menyatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungki Anda sendiri sudah mengalaminya? Sters memang bukanlah suatu penyakit, tetapi jika Anda tidak dapat mengaatasinya dalam waktu tertentu, Anda akan didera banyak masalah kesehatan yang bisa membahayaakan diri Anda sendiri.
    Bila individu berhadapan dengan stes secara berlebihan atau membutuhkan waktu lama untuk menghilangkan factor-faktor penyebabnya, stress menjadi negative dan merusak. Kondisi ini tidak disebut lagi sebagai stress, melaikan distress.
    Distress tidaklah baik untuk kesehatan maupun psikologis. Individu yang rawan kena stress akan menumpuk distress dalam pikiran-pikirannya yang berlanjut pada perubahan-perubahan prilaku, bahkan terbentuknya depresi di kemudian hari. Meskipun kadang dia kelihatan normal dalam perilaku kesehaariannya, dia akan terus menyimpan pengalaaman stress dalam pikiran di bawah sadarnya. Sementara itu, hormone-hormon kadar stress yang terdapat dalam tubuhpun terus menumpuk sehingga memperburuk system kekebalan tubih. Oleh karena itu, tak heran bila dalam stress tinggi, seseorang juga memiliki priwayat penyakit yang banyak pula.

  1. Paragraf di atas termasuk paragraf ….
c.       deskripsi                     c. argumentasi                 
d.      eksposisi                     d. hasil observasi 

  1. Tesis (pembukaan) dalam  teks di atas terdapat pada ….
a.       paragraf  pertama       c. paragraf  ketiga
b.      paragraf  kedua          d. kalimat terakhir

  1. Pokok bahasan paragraf  di atas adalah ….
a.       pencegahan stres        c. penyebab stres
b.      dampak stres              d. fenomena stres

  1. Pernyataan yang tidak sesuai dengan perangkat di atas adalah ….
a.       Stres merupakan suatu penyakit yang parah.
b.      Stres dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.
c.       Stres terjadi dalam jangka lama dan dapat menjadi negatif dan merusak.
d.   Kondisi stres berkepanjangan disebut distres.

  1. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ….
a.       Distres tidak menyebabkan perubahan prilaku penderitanya.
b.      Distres tidaklah baik untuk kesehatan maupun psikologis.
c.       Distres diakibatkan perasaan bahagia yang menumpuk dalam pikiran.
d.      Stres berkepanjangan dapat menjaga kekebalan tubuh.


Melalui Drama Musikal Belajar Bahasa
           Siswa SD Bina Talenta Graha School mementaskan drama musikal berjudul Sleeping Beauty pada hari Sabtu, 16 Mare t 2013. Tujuan utamanya adalah menguasai bahasa dengan baik dan indah melalui drama musik. “Dengan bermusik, ternyata belajar bahasa itu enak dan mudah,” kata Naomi yang berperan sebagai putri raja.
          Cara belajar bahasa yang paling baik bagi anak-anak adalah melalui musik karena anak-anak suka bermain musik dengan berdansa, memukul aneka sumber bunyi, melantunkan lagu, dan baca puisi atau deklamasi (fingerplay). Mereka tidak bosan-bosan walau diulang-ulang puluhan kali. Dengan demikian , bermain musik sangat efektif untuk belajar bahasa.
          Beberapa tujuan belajar bahasa mudah tercapai: pelafalan, komunikasi aktif dan praktis, serta apresiasi sastra. Banyak ahli pendidikan bahasa, seperti Sue Dickson sudah mengkaji dan menciptakan metode mengajar bahasa, antara lain Sing Spell Read and Write (SSRW). Oleh karena itu, pendekatan utama belajar bahasa sejak kelompok bermain hingga SD adalah drama dan musikalisasi puisi.
          Dalam rangkaian acara pementasan itu, secara kolosal semua siswa kelompok bermain dan SD terlibat dalam drama musikal yang mengangkat peristiwa sehari-hari yang terjadi di sekolah.  Peristiwa itu dirangkai menjadi drama yang natural, orisinal.
          Berbagai sumber bunyi seperti gallon, botol, sendok, serta aneka peralatan musik dimainkan dengan harmoni. Akibatnya, suasana sangat alami, lucu, menghibur, dan menyejukkan. Karena musik pendidikan melahirkan suasana hidup anak yang kreatif. “Melalui musik, dansa, dan pakaian pendukung, anak-anak jadi makin berani tampil. Gerak tubuh mereka jadi luwes dan pelafalan jadi mantap karena musik. Kreativitas guru ditantang atas dorongan ahlinya,” kata Ms. Elida R. Saragi.
                                                                                                                             Sumber: www.berani.co.id
  1. Bagian pembuka dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.       1                                            c. 3
b.      2                                            d. 4

  1. Bagian yang menyatakan penjelasan dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.       1 dan 2                                   c. 1 dan 3
b.      2, 3, dan 4                              d. 3 dan 4

  1. Bagian yang menyatakan penutup dalam teks di atas adalah paragraf ….
a.       2                                            c. 4
b.      3                                            d. 5

  1. Gagasan utama paragraf pertama adalah ….
a.       Siswa SD Bina Talenta Graha School mementaskan drama musikal berjudul Sleeping Beauty pada hari Sabtu, 16 Maret 2013.
b.      Tujuan utama diselenggarakan drama musikal adalah untuk menguasai bahasa dengan baik dan indah.
c.       Naomi memberi penjelasan bahwa belajar bahasa dengan bermain musik itu mudah.
d.      Naomi berperan sebagai putri raja.

  1. Dalam rangkaian acara pementasan itu, secara kolosal semua siswa kelompok bermain dan SD terlibat dalam drama musikal yang mengangkat peristiwa sehari-hari yang terjadi di sekolah.

a.       khusus                                 c. istimewa
b.      besar-besaran                      d. terbatas

  1. Tujuan penulisan teks tersebut adalah ….
a.       Mempengaruhi pendapat pembaca agar menyetujui bahwa belajar bahsa harus  melalui musik dan drama.
b.      Mendeskripsikan pentingnya belajar bahasa melalui musik dan drama.
c.       Memeberi penjelasan atau informasi kepada pembaca tentang belajar bahasa melalui musik dan drama.
d.      Membantu pembaca untuk memahami bagaimana cara belajar bahasa dengan musik dan drama.

  1. Kalimat penutup dalam teks eksposisi contohnya ….
a.       Keuntungan belajar itu banyak.
b.      Belajar sangat penting bagi para pelajar,
c.       Siapa yang tidak suka belajar?
d.      Kewajiban pokok seorang siswa adalah belajar.

  1. Struktur teks eksposisi adalah ….
a.       pernyataan-simpulan-rekomendasi
b.      pembuka-rekomendasi-simpulan
c.       pembuka-penjelas-penutup
d.      pernyataan-simpulan dan rekomendasi-alasan

  1. Kalimat yang menggunakan konjungsi yang menyatakan sebab adalah ….
a.       Dia tidak rajin, tetapi beruntung.
b.      Kakakku rajin belajar sebab mau ujian.
c.       Ayah sudah pulang sehingga adikku senang.
d.      Kami pergi ke Jakarta, lalu ke Semarang.

  1. Kalimat berikut yang mengggunakan konjungsi yang menyatakan akibat adalah ….
a.       Oleh karena itu, kita harus lebih giat belajar.
b.      Rudi telah belajar setiap hari sehingga merasa siap mengikuti ujian.
c.       Siapa pun yang telah belajar akan merasa tenang.
d.      Oleh karena dia tidak belajar, dia jadi gelisah.

     
Perempuan itu tinggi semampai. Jilbab warna ungu yang menutupi kepalanya membuat kulit wajahnya yang kuning tammpak semakin cantik. Matanya bulat bersinar disertai bulu mata yang tebal. Hidungnya mancung sekali mirip dengan paraa wanita Palestina.
  1.  Paragraf di atas merupakan paragraf ….
a.       argumentasi                                          c. deskripsi
b.      narasi                                                    d. persuasi

  1. Cuaca panas membuat semua orang mudah merasakan dahaga.
Kata yang bercetak miring pada kalimat di atas memmiliki sinonim dengan kata di bawah ini yaitu ….
a.       haus                                                      c. lapar
b.      pusing                                                   d. panas

  1. Budi merupakan salah satu siswa berprestasi di sekolah kami. Ia rajin mengunjungi perpustakaan sekolah kami. Ia lahir lima belas tahun yang lalu. Ia memiliki tubuh yang kurus.
Meskipun demikian, Budi merupakan siswa paling tinggi di kelasnya.
Antonim dari katta-kata bercetak miring dalam paragraph di atas adalah ….
a.       malas, meninggal, gemuk, panjang
b.      malas, meninggal, besar, pendek
c.       malas, meninggal, gemuk, pendek
d.      malas, meninggal, kecil, pendek

  1. Usaha menejmen Sriwijaya Football Club (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikonttrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, menejemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama. Isi kutipan paragraf di atas adalah ….
a.       Menejemen SFC Budi Sudarsono.
b.      Harga konttrak tidak disepkati dan Budi Sudarsono.
c.       Budi Sudarsono akan dikonttrak selama setengah musim.
d.      Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

  1. Berikut topik yang tepat untuk karangan deskripsi, kecuali ….
a.       Langkah-langkah menulis paragraf.
b.      Keindahan Bukit Kintamani.
c.       Keadaan daerah yang dilanda bencana.
d.      Suasa pelaksanaan promosi kompetensi siswa SMK tingkat nasional.



B.     Untuk soal nomor  41 s.d. 45 jawablah dengan singkat tetapi jelas!
41. Ceritakanlah keadaan lingkungan yang ada di sekitarmu!
42. Sebutkan struktur teks tanggapan deskriptif!
43. Sebutkan langkah-langkah menyusun teks tanggapan deskripsi!
44. Jelaskan yang dimaksud teks eksposisi!
45. Apa yang Anda ketahui tentang teks eksposisi?

Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)