Hanya di Jalan Tuhan

Hanya di Jalan Tuhan


 

Telah kutelusuri jalan berliku nan terjal dalam hidup

Untuk temukan pelita jiwa yang ‘tak pernah redup

Menggapai pegangan tempatku berpijak dan bersujud

Mengukuhkan asa di jalan-Mu hingga mimpi-mimpi terwujud

 

Seruan kalam penebas kelam di setiap desah

Pencerah hati di tiap gulana yang pernah singgah

Penawar dahaga di kala kegersangan hati bergelut

Dalam susunan ayat-ayat suci sarat amanah termaktub

 

Jalan Tuhan, di sanalah kutemukan apa arti kehidupan

Yang membawa para insan menggapai  kemenangan

Jalan terang yang ‘tak lekang dari berbagai aral melintang

Bahkan tipu muslihat pasti datang menyerang

 

Tapi meski ribuan kerikil tajam menghadang di pijakan kaki

Takkan surutkan langkah ‘tuk tetap menapaki

Laksana bahtera dihadang gelombang pun ganasnya badai

Akan tetap berlayar ‘tuk mengarungi samudera Ilahi

 

Jalan Tuhan, penampik segala tipu daya setan

Di jalan-Mu aku ‘kan tetap mengukuhkan keimanan

Berjalan di jalan kebenaran, hanyalah jalan Tuhan

Hingga tergapai nirwana yang dirindukan

 

Blitar, 10 Agustus 2017

Setiap manusia pasti memiliki sebuah prinsip dan motto dalam hidupnya. Apapun prinsip Anda, jika sedang mengalami suatu permasalahan, ingatlah hanya “Jalan Tuhan” yang benar dan menjadi pilihan hidupmu. Lalu seperti apakah Jalan Tuhan itu?

Setelah membaca puisi di atas, paling tidak Anda mempunyai gambaran tentang Jalan Tuhan.  Dalam kondisi apapaun, susah maupun senang, ingatlah selalu Jalan Tuhan. Mengapa?Dijelaskan dalam bait satu puisi di atas bahwa penulis telah melalui masa yang sangat sulit dalam kehidupannya. Dalam mengatasi masalah kehidupan tersebut, hati penulis terkadang sadar bahwa ketabahan, kejujuran, keikhlasan serta tawakal adalah jalan terbaik untuk menerima cobaan hidup. Tapi terkadang hati penulis juga mulai bimbang akan derita hidup bekepanjangan sehingga ia berniat mengambil jalan pintas agar derita hidupnya segera berakhir.

Pegangan hidup dan keimanan manusia sering goyah jika manusia tidak bisa menjaganya dengan baik. Hal tersebut tentunya akan menjadi tugas setan di dunia untuk menyesatkan manusia dan menjadi sekutunya. Jalan Tuhan menjadi pilihan hidup yang harus senantiasa disatukan dalam hati, langkah maupun pikiran. Selain itu untuk menggapai harapan dan cita –cita , jangan sampai keluar dari JalanTuhan. Jalan Tuhan merupakan pelita/penerang yang selalu bercahaya menerangi hati dan pikiran manusia agar selalu berada di jalan yang benar.

Pernah suatu saat hati kita diserbu kegelisahan dan gundah yang entah dari mana datangnya. Kegelisahan yang mungkin muncul tiba-tiba, jenuh dan bosan yang menyerang tiada henti-hentinya , maka kalam Allah yaitu Al Qur’an adalah salah satu obat penawarnya. Sebab setelah membaca Al Qur’an, hati kita menjadi tenang dan tentram. Kitab al Qur’an merupakan mukjizat terbesar Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw.

Di Jalan Tuhan, penulis benar-benar menemukan arti dan tujuan manusia hidup di dunia. Manusia hidup di dunia tidak lain adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Yang harus kita ingat, bahwa meski kita telah berada di Jalan Tuhan, tugas setan untuk terus mengganggu dan menyesatkan manusia untuk menjadi bala tentara mereka di neraka.

Jika Anda sudah mengetahui bahwa tugas manusia untukberibadah kepada Allah SWT, maka pertahankanlah Jalan Tuhan meskipun godaan dari manusia maupun setan menyerang secara bertui-tubi. Ibaratnya sebuah perahu yang berlayar, tiba-tiba badai gelombang menghantam. Tetapi, pelan dan pasti perahu tersebut tetap berlayar di samudera Ilahi yang tidak lain adalah Jalan Tuhan.

Jalan Tuhan adalah jalan kebenaran, jalan lurus yang harus kita tempuh demi mewujudkan sebuah nirwana indah. Sebuah tempat yang nantinya manusia dapat hidup kekal di dalamnya. Semoga kita selalu berada di jalan Tuhan dan bertemu di nirwana yang kita dambakan. Amin.

 

#inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARIKE-18

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)