MENCARI HIKMAH RAMADAN BERSAMA BUAH HATI DI MASA PANDEMI COVID 19

MENCARI HIKMAH RAMADAN BERSAMA BUAH HATI DI MASA PANDEMI COVID 19

Ramadan tahun 1441 H ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, aktivitas Ramadan dapat dilaksanakan secara massal di tempat-tempat ibadah tanpa adanya Physical Distancing/menjaga jarak fisik, tahun ini hampir semua aktivitas manusia harus menjaga jarak antara orang yang satu dengan yang lainnya. Semua itu adalah akibat adanya wabah Corona Virus Disease tahun 2019 atau disingkat COVID-19. Tentunya, ini adalah hal yang sangat menarik untuk diambil hikmahnya selama bulan Ramadan.

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah memunculkan kebijakan-kebijakan baru di bidang pendidikan. Salah satu kebijakan tersebut adalah adanya pembatasan sosial dengan belajar secara online. Semua kegiatan sekolah dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing siswa yang bekerja sama dengan orang tua. Berikut ini adalah beberapa hikmah Ramadan di masa Pandemi COVID-19 yang dapat diajarkan kepada buah hati :

1.         Menumbuhkan Kerja Sama dan Sikap Saling Membantu

Kerja sama sangat dibutuhkan dalam lingkungan keluarga. Adanya kerja sama membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai. Berbagai tugas dari sekolah menghimbau adanya kerja sama antara anak dengan orang tua. Salah satunya adalah kegiatan membaca Al-Qur’an. Sekolah meminta anak dan orang tua membaca Al-Qur’an juz 15-16. Tentunya ini merupakan hal yang menarik, sebab orang tua pasti akan meluangkan waktunya untuk membantu anak dalam mengerjakan tugasnya.

Selain itu, sebelum memulai aktivitas pembelajaran, biasanya guru meminta siswa untuk mengirimkan foto kegiatan membantu orang tua di pagi hari. Adanya tugas-tugas dari sekolah selama pembelajaran di rumah telah menumbuhkan sikap saling membantu yang lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan baik anak dalam keluarga.

2.         Mengajarkan Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Allah mencintai kebersihan dan suka akan hal-hal yang bersih. Adanya virus corona telah mengingatkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan, baik kebersihan badan maupun tempat tinggal. Kebersihan badan dapat dilakukan dengan mandi dan sering mencuci tangan, sedangkan kebersihan tempat tinggal dapat dilakukan dengan menyapu dan membersihkan kotoran-kotoran yang ada.

Adanya pandemi virus corona menjadikan anak-anak peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. Sebab, jika lingkungan kotor akan memicu adanya penyakit. Virus corona telah menyadarkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan badan maupun tempat tinggal.


3.         Menumbuhkan Kepedulian Sosial

Ramadan akan semakin berkah jika diisi dengan berbagai kegiatan ibadah. Salah satu kegiatan tersebut adalah sedekah.  Meskipun anak-anak tidak turun langsung memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, tetapi mereka dapat berpartisipasi dengan membuat celengan sederhana dari kaleng atau kertas yang diisi uang semampu anak dan orang tua yang nantinya akan disumbangkan ke masjid atau orang yang membutuhkan.

Apalagi adanya virus corona membuat banyak warga kehilangan mata pencaharian, kesulitan ekonomi bahkan kekurangan pangan. Momentum ini akan sangat bermanfaat jika kita mengajarkan kepada anak-anak akan pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama. Sebab, dengan berbagi, kita telah ikut mengatasi kesulitan dan permasalahan orang lain. Dan yang terpenting adalah membantu kesulitan sesama muslim adalah jalan menuju surga. 

4.         Mengingatkan Kebesaran Allah SWT

  Ketika tidak ada wabah virus corona, orang akan leluasa bepergian dengan berbagai aktivitas yang padat. Banyak waktu terbuang sia-sia. Adanya virus corona membuat kita lebih banyak beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar keluarga kita terhindar dari virus yang mematikan tersebut. Pembatasan aktivitas sosial membuat manusia lebih banyak di rumah. Pemerintah maupun tokoh-tokoh penting agama menghimbau kepada masyarakat untuk memperbanyak melaksanakan ibadah maupun doa.

Ramadan tahun ini lebih banyak melakukan aktivitas di rumah bersama keluarga. Hal ini mengingatkan manusia akan kebesaran Allah SWT. Dengan memperbanyak ibadah dan mengingat-Nya, tentunya hubungan kita kepada Allah SWT akan lebih dekat. Virus corona telah membuka kembali pikiran manusia bahwa Allah itu Maha Besar.Virus corona telah membawa kita kembali kepada jalan Tuhan, yaitu jalan yang lurus. Allah dapat membuat makhluk yang sangat kecil yaitu virus corona. Meskipun sangat kecil, ia dapat mengguncang dan membuat kekhawatiran penduduk dunia.

Pembelajaran kepada anak-anak adalah meluangkan waktu kepada mereka untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara menertibkan salat lima waktu, memperbanyak membaca Al-Qur’an, mengerjakan amalan-amalan sunah, dan aktivitas lainnya yang bermanfaat.

Keempat hikmah di atas adalah contoh yang dapat kita petik selama bulan Ramadan bersama keluarga maupun buah hati. Masih banyak contoh lain yang dapat kita ambil hikmahnya dari setiap kejadian. Berpikir positif terhadap semua kehendak Allah SWT adalah hal penting yang harus kita tanamkan dalam diri masing-masing. Semoga Ramadan tahun ini lebih berkah dari tahun-tahun sebelumnya dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

#inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARIKE-1

Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)