MENUMBUHKAN CINTA MEMBACA PADA ANAK

MENUMBUHKAN CINTA MEMBACA PADA ANAK



Orang tua pasti bangga jika anaknya selalu mendapat juara kelas. Untuk meraih predikat tersebut, anak pasti memiliki kemampuan akademik yang lebih menonjol daripada teman-temannya. Kemampuan akademik  dapat diasah dan diperoleh dengan cara rajin belajar dan rajin membaca.

Kegiatan membaca pada anak perlu dibiasakan sejak dini. Sebab dengan membaca, mereka akan memperoleh pengetahuan baru. Membaca merupakan jembatan menuju dunia ilmu  yang sarat akan pengetahuan. Tanpa membaca, manusia akan ketinggalan informasi. Jadi, membaca merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, zaman semakin maju. Jika kita ketinggalan informasi, maka keadaan kita akan semakin terbelakang.

Permasalahan yang sering terjadi adalah mayoritas anak kurang suka membaca. Padahal, semua itu merupakan dasar utama yang harus ditumbuhkan dalam diri anak. Anak yang suka membaca mampu dan tanggap terhadap pengetahuan-pengetahuan baru. Mereka mempunyai keingintahuan tinggi terhadap apa yang mereka lihat, mereka dengar, dan mereka rasakan.

Berikut upaya yang dapat dilakukan agar anak suka membaca :

1.        Memberikan contoh

Anak akan meniru apa yang akan dicontohkan orang tua maupun bapak/ibu gurunya. Jika Anda ingin anak gemar membaca, maka Anda juga harus mencontohkan membaca yang baik dan benar.

2.        Menciptakan tempat yang strategis

Tempat yang nyaman dan strategis membuat anak betah saat membaca. Tempat yang strategis tersebut misalnya di halaman yang penuh dengan aneka tanaman, kursi yang empuk dan sandaran yang nyaman.

3.        Mempersilahkan anak memilih buku bacaan yang akan dibaca

Jika anak memilih buku bacaan yang sesuai dengan seleranya, maka anak akan semakin tertarik dan timbul keingintahuan yang besar terhadap apa yang ia baca.

4.        Menunjukkan gambar-gambar yang menarik

Saat membaca buku cerita, tunjukkan gambar-gambar yang menarik kepada anak. Dengan demikian, semangat dan keingintahuan anak terhadap apa yang ia baca juga smakin besar.

5.        Menceritakan pesan moral yang ada dalam cerita

Pesan atau amanat sangat penting untuk disampaikan kepada anak, sebab amanat memberikan informasi dari pengarang kepada pembaca tetang cerita yang telah ditulis.

6.        Menghubungkan kisah cerita dengan kehidupan sehari-hari

Ilmu yang diperoleh akan lebih bermanfaat jika diajarkan.Begitu juga  dengan sebuah bacaan. Ketika anak selesai membaca, sebaiknya kita mengkaji ulang bagaimana anak harus bertindak ketika menghadapi sesuatu berdasarkan isi cerita.

7.        Memberikan umpan balik berupa beberapa pertanyaan

Memberi umpan balik berfungsi untuk mengetahui daya ingat anak, konsentrasi anak, dan pemahaman terhadap isi bacaan yang telah dibaca, 

Dari ketujuh upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan suka membaca pada anak harus dibudayakan setiap hari. Apalagi, adanya wabah virus corona membuat waktu di rumah anak semakin lama. Jika tidak diawasi dengan baik, anak akan memanfaatkan waktu  sebaik mungkin untuk bermain HP.

Ramadan akan sangat bermanfaat jika kita tanamkan kebiasaan-kebiasaan baik pada anak. Jika tidur saja dianggap ibadah, apalagi melakukan tindakan positf, pasti pahalanya berlipat ganda. Kegiatan membaca setiap pagi menjadi sebuh acuan dakam bertindak demi meraih kesuksesan. Menanamkan kebiasaan membaca dan bercerita merupakan wujud  gerakan literasi yang harus selalu dipupuk dan ditingkatkan.

Generasi emas abad 21 mewujudkan pemuda-pemudi yang berkarakter, sopan, berbudi pekerti yang sesuai dengan norma-norma Pncasila. Untuk mewujudkan semua itu, pasti membaca buku memiliki sumbangsih yang sangat besar. Semoga generasi-generasi saat ini mampu membawa Indonesia ke tingkat yang lebih maju.

 

#inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#bersemadi_harike-8


Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)