POT PENYELAMAT MENJADI SUMBER INSPIRASI

POT PENYELAMAT MENJADI SUMBER INSPIRASI

 

 


“Jika kita tidak bisa bermanfaat untuk orang lain, paling tidak kita bisa bermanfaat bagi diri sendiri.”

 Hari Minggu identik dengan hari keluarga. Kalimat ini sangat tepat jika digunakan untuk menggambarkan jika salah satu pasangan atau keduanya bekerja di luar rumah dan libur pada hari Minggu. Menghabiskan hari libur bersama keluarga akan terasa menyenangkan jika terdapat kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama. Tentunya kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama tersebut sangat baik dan harus tetap dibudayakan, sebab kebersamaan dapat menumbuhkan perasaan saling menyayangi, suasana rukun akan terpelihara serta persatuan di antara keluarga akan tumbuh semakin kuat.


Kegiatan hari Minggu saya terinspirasi dari adanya banyak sampah botol minyak kelapa. Adanya botol-botol tersebut menumbuhkan keinginan agar “sampah”  bisa bermanfaat bahkan menjadi penyelamat untuk makhluk hidup lain. Botol-botol tersebut akan direnovasi menjadi sebuah pot sederhana yang menarik.

Tahapan kegiatan pembuatan pot sederhana :

1.    Pemotongan Badan Botol




Pemotonga badan botol  dapat dilakukan dengan menggunakan pisau. Pemotongan botol bisa dilakukan menurut selera agar pot dari botol plastik menjadi lebih rapi dann menarik. Setelah dipotong, bagian potongan yang belum rapi dapat dirapikan menngunakan gunting maupun gerinda.

 

2.    Mencuci Botol-Botol Pastik



Tahap ini dilakukan dengan tujuan agar sisa-sisa minyak yang terdapat dalam botol dapat dihilangkan. Sebab adanya sisa minyak dalam botol membuat tanah yang akan dimasukkan ke dalam botol menjadi berminyak. Setelah itu botol plastik diletakkan dalam posisi terbalik agar air sisa mencuci menjadi cepat kering.


 

3.    Membuat Lubang-Lubang Kecil Resapan Air



Pembuatan lubang-lubang kecil ini dapat dilakukan dengan menggunakan solder atau besi runcing yang dipanaskan di atas api lalu ditancapkan ke bagian dasar pot. Banyak lubang di dasar botol kurang lebih lima buah lubang. Fungsi dari adanya lubang tersebut adalah sebagai tempat peresapan air. Sebab, jika tidak terdapat lubang peresapan air, maka akar tanaman bisa membusuk.

 

4.    Mengisi Botol dengan Tanah



Sebelum ditanami, botol harus diisi tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang/pupuk kompos. Tujuan pemberian pupuk adalah tanaman dapat tumbuh subur dan cepat berbuah.

 

5.    Mengisi Pot dengan Tanaman Baru



Tanaman yang akan  dimasukkan ke dalam pot adalah tanaman stroberi. Sulur tanaman stroberi jika tidak diselamatkan oleh botol plastik, maka tanaman akan tumbuh tidak beraturan dan bahkan mati.

Itulah tahapan pembuatan pot sederhana. Meski awalnya hanya sebuah sampah yang hampir tidak berguna, tapi jika dimanfaatkan dengan baik, maka pot yang berasal dari sampah plastik pun menjadi lebih bermanfaat bahkan menjadi pot penyelamat bagi tanaman stroberi.

 Manusia adalah makhluk sosial, sehingga saling membutuhkan satu sama  lain. Terinspirasi dari pot yang berasal dari sampah plastik, kita juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Apalagi, di masa pandemi COVID-19, ekonomi masyarakat  mengalami keterpurukan. Banyak keluarga yang menjadi dampak dari wabah virus corona, di antaranya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta naiknya harga barang kebutuhan sehari-hari. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, uluran tangan serta gerakan tangan di atas akan sangat membantu beban kesulitan orang lain.

" Barangsiapa yang meringankan beban dan kesulitan orang mukmin, maka Allah akan melapangkan kesulitannya di hari akhirat kelak. Barangsiapa yang memudahkan orang lain, Allah juga akan mempermudah urusannya di dunia dan akhirat."

Tolong menolong menjadi ajakan utama yang diulang-ulang dalam Al-Qur’an maupun hadits.

 عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا ، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat.”

 

#inspirasiramadan

#dirumahaja

#flpsurabaya

#BERSEMADI_HARIKE-17


Tidak ada komentar:

BUS HANTU (KELOMPOK 3)